Di dunia software aplikasi , dikenal istilah skalabilitas. maksudnya sih kira-kira bagaimana kemampuan suatu sistem dapat menanggapi permintaan yang mempunyai kecenderungan bertambah dari waktu ke waktu. Ada dua tipe skalabilitas yang biasa dikenal yaitu skalabilitas vertikal dan skalabilitas horisontal.
Skalabilitas vertikal berarti untuk menghadapi kecenderungan permintaan maka kemampuan mesin/perangkat keras yang harus dinaikkan. Pada skalabilitas tipe ini kita harus mengganti mesin dengan mesin yang baru dengan kemampuan yang diperkirakan bisa menangani permintaan sampai beberapa tahun ke depan. Skalabilitas tipe ini saat ini mulai kurang populer.
Tipe kedua skalabilitas horisontal berarti untuk menambah kemampuan adalah dengan menambah mesin bukan dengan mengganti mesin. Tipe ini yang saat ini populer dan sering dikenal dengan klastering. Pada beberapa aplikasi solusi ini cukup mudah diimplementasikan misalnya dengan menggunakan mesin DNS atau dengan menggunakan teknologi virtual server. Masalah muncul pada waktu aplikasi kita berbasiskan web.
Teknologi web pada dasarnya adalah stateless sementara aplikasi saat ini biasanya membutuhkan kemampuan statefull dari pemakai. Implementasi kebutuhan ini biasanya menggunakan sessionid. Hal inilah yang akan menjadi masalah jika akan dijadikan sistem klaster.

So , How scale are you ?