Setiap kegiatan biasanya ada resikonya, apalagi dengan kegiatan di luar ruangan. Mulai dari resiko ringan seperti lecet sampai resiko berat meninggal dunia. Resiko-resiko tersebut mestinya dikenali pada waktu akan melakukan setiap kegiatan supaya dapat disiapkan antisipasinya apabila terjadi sehingga resiko akhirnya menjadi berkurang bahkan minimal.

Penyelenggara/pembina kegiatan luar ruangan ada baiknya melakukan beberapa langkah seperti ini :

  1. Pengenalan Resiko
  2. Perencanaan dan persiapan mitigasi resiko
  3. Penilaian akhir resiko
  4. Pertimbangan orang-tua
  5. Ijin orang-tua

Pengenalan Resiko ini dikaitkan dengan lokasi tempat diadakannya kegiatan, prakiraan cuaca pada waktu dilakukan kegiatan , kondisi peserta kegiatan dan yang lainnya. Lokasi misalnya jalan raya, sungai atau gunung tentu masing-masing mempunyai resiko yang berbeda. Cuaca hujan pada lokasi tertentu akan meningkatkan resiko dibanding lokasi yang lain. Kondisi peserta juga sangat berperan misalnya kemampuan berenang, alergi atau menderita penyakit tertentu seperti ashma atau epilepsi. Setiap resiko dibuatkan nilai  dan bobot tertentu untuk melihat seberapa besar resiko total dari kegiatan. Keberadaan database resiko ini tentu akan sangat membantu apabila dapat dengan mudah diakses oleh siapapun.

Setiap resiko perlu direncanakan mengatasinya untuk kemudian dilakukan persiapan yang perlu. Setiap perencanaan dan persiapan mengatasi resiko ini akan menurunkan nilai masing-masing resiko.

Dari tahap kedua maka akan didapatkan nilai total akhir dari resiko kegiatan tersebut. Dari nilai akhir tersebut dapat digunakan untuk menentukan apakah kegiatan akan diteruskan atau tidak. Sebaiknya ada ambang batas standar yang digunakan untuk penentuan ini.

Apabila kegiatan diputuskan untuk diteruskan, semua analisa tersebut perlu diberikan kepada orangtua/wali peserta untuk dipertimbangkan. Disinilah peran orangtua untuk menentukan anak dibawah perwaliannya akan ikut atau tidak. Perlu ada surat ijin dari orangtua/wali yang menentukan apakah anak akan ikut atau tidak pada kegiatan tersebut.

Disclaimer  : ini hanya sekedar tulisan curahan uneg-uneg saja tidak untuk dijadikan referensi.