Kenapa Stirling Engine ?

Stirling Engine adalah salah satu alternatif konversi panas matahari ke bentuk energi lain. Dengan stirling engine panas matahari dapat langsung dikonversi ke gerakan yang pada akhirnya dapat digunakan untuk menggerakkan generator. Secara thermodynamic stirling engine mempunyai tingkat efisiensi yang paling tinggi dibanding jenis mesin lain seperti internal combustion engine misalnya.
Bagi saya pribadi stirling engine ini lebih menarik dibanding dengan solar cell. Yang membuat saya tertarik karena teknologinya maupun skala ekonomisnya dimungkinkan dikerjakan oleh bengkel mekanik yang banyak di Indonesia. Sementara untuk solar cell harus dikerjakan oleh perusahaan berskala multinasional.
Yang menjadi kendala adalah efisiensi panas yang dimiliki suatu striling engine bervariasi sangat lebar. Efisiensi berada pada kisaran 2%-30% bergantung terutama pada disainnya. Pada disain yang bagus dan dicapai efisiensi tertingginya akan sangat menarik dibanding solar cell.
Untuk mengatasi kendala seperti ini mungkin bisa ditempuh dengan menggunakan simulasi fisika terlebih dahulu untuk setiap disain stirling engine yang akan diimplementasikan.