Jurus Anti Blokir

Sebel emang ngalamin blokir-blokiran ini. Emang sih ada situs yang memang selayaknya diblokir tapi beberapa situs yang bermanfaat jadi ikutan terblokir karena beberapa kontennya masuk kategori blokir. Padahal konten yang lainnya masih diperlukan.
Ternyata pemblokiran ini metodenya hanya dengan membajak akses ke DNS server di port 53 dan mengarahkan URL yang diblacklist ke satu halaman tertentu. Untuk mengatasinya bisa menggunakan protocol dnscrypt. Aplikasinya ada banyak diantaranya yang saya pakai adalah dnscrypt-proxy. Alih-alih mengarahkan request DNS ke server ISP , akses request DNS diarahkan ke aplikasi dnscrypt-proxy ini yang nanti akan meneruskan ke DNS server di internet secara secure terenkripsi.
Untuk keperluan di rumah solved, ternyata tidak demikian untuk di kantor.
Di kantor ada beberapa URL yang diarahkan ke IP lokal sementara dnscrypt-proxy selalu mengarahkan ke server public jadilah masalah.
Solusinya menggunakan dnsmasq, sekarang semua request DNS kalau di kantor diarahkan ke dnsmasq, yang akan melihat terlebih dahulu file /etc/hosts untuk menerjemahkan URL tertentu yang harus dikonversi ke IP lokal kemudian upstream dnsmasq diarahkan ke dnscrypt-proxy untuk URL yang lain.
SOLVED !